Workshop Pengelolaan Jabatan Fungsional

Dec 11

Workshop Pengelolaan Jabatan Fungsional

Wonosobo, BKD - Sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Wonosobo terhadap para aparaturnya khususnya PNS yang menduduki Jabatan Fungsional, BKD Kab. Wonosobo bekerjasama dengan Kantor Regional I BKN Yogyakarta mengadakan Workshop Pengelolaan Jabatan Fungsional yang bertempat di Wisma MM-UGM Yogyakarta yang dilaksanakan pada Senin dan Selasa (09-10/12/2019.

mmugm

Sebagai pembuka acara adalah Kepala BKD Kab. Wonosobo, Dr. PRAYITNO, S.Sos, M.Si, sebagai narasumber Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi, Kanreg I BKN Yogyakarta, SAMIR GUNAWAN, S.H., dan Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Wonosobo, MARIA SUSIAWATI, S.Sos. MPA., yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris BKD Kab. Wonosobo dan Kabag. Organisasi SETDA Kab. Wonosobo, maria sangat konsen dengan Jabatan Fungsional, mulai dari peningkatan kapasitas dan kompetensi, penyelesaian masalah Jabatan Fungsional sampai ke peningkatan kesejahteraan para Jabatan Fungsional.

mmugm2

Sesi pertama acara, langsung diampu oleh Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi, Kanreg I BKN Yogyakarta ,Samir membeberkan banyak hal terkait kebijakan dan permasalahan yang dihadapi para Jabatan Fungsional secara umum, pada prinsipnya kedepan Jabatan Fungsional akan mendominasi setiap Instansi Pemerintah, karena Jabatan Fungsional merupakan jabatan profesional yang memiliki keahlian atau ketrampilan tertentu yang bersifat mandiri.

mmugm3

Sedangkan pada hari ke-dua, diampu oleh Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Wonosobo, Maria Susiawati menjelaskan tentang tantangan kedepan yang mana Birokrasi khususnya di Wonosobo harus berhadapan dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, ini dibuktikan dengan revolusi industri 4.0 yang sudah digaungkan Pemerintah Pusat dengan merancang Making Indonesia 4.0 sebagai sebuah roadmap yang terintegrasi untuk mengimplementasikan sejumlah strategi dalam memasuki era Industry 4.0. Oleh karena itu, tegas Maria, tantangan tersebut bisa dihadapi oleh aparatur yang memiliki profesionalitas dan memiliki keahlian dan keterampilan tertentu. Jabatan Fungsional adalah sekelompok jabatan yang berisi fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan fungsional yang berdasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu.
Sesi selanjutnya, sebelum berakhirnya acara, merupkan sesi tanya jawab dan sharing permasalahan Jabatan Fungsional yang ada disetiap OPD.

Read 266 times
loader