Jenis Layanan Kartu Pegawai
Diposting tanggal: 27 Maret 2012

Jenis layanan kartu pegawaai meliputi :

1. Karpeg (Kartu Pegawai)

1.      Dasar Hukum

a.  Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 ;

b.  Keputusan Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara Nomor 066/KEP/1974 tentang Kartu Pegawai Negeri Sipil.

2.      Pengertian

a.  Kartu pegawai adalah kartu identitas pegawai negeri sipil yang berlaku selama yang bersangkutan menjadi pegawai negeri sipil;

b.   Kartu pegawai diberikan kepada mereka yang telah berstatus sebagai pegawai negeri sipil, atau dengan perkataan lain selama seseorang masih berstatus calon pegawai negeri sipil kepadanya tidak diberikan kartu pegawai;

c.   Kartu pegawai berlaku selama yang bersangkutan menjadi pegawai negeri sipil, atau dengan perkataan lain apabila yang bersangkutan telah berhenti sebagai pegawai negeri sipil maka kartu pegawai dengan sendirinya tidak berlaku lagi;

d.  Kartu pegawai merupakan salah satu syarat untuk pengusulan kenaikan pangkat, pengusulan kenaikan gaji berkala, pengajuan pensiun dan pencairan pengembalian tabungan perumahan pegawai negeri sipil.



Persyaratan pembuatan Karpeg :

  1. Foto Berwarna Ukuran 4 x 6
  2. Foto Hitam putih 3 x 4
  3. Fotocopy SK CPNS
  4. Fotocopy SK PNS
  5. Fotocopy STPPL (Tanda Lulus Diklat Prajabatan)

Keterangan :
Kewenangan Pengurusan ada di Kanreg I BKN

2. Kartu Istri (KARIS)/Kartu Suami (KARSU)
Persyaratan pembuatan KARIS/KARSU:

  1. Foto ( isteri/suami ) hitam putih 3 x 4
  2. Laporan perkawinan diketahui kepala unit kerja
  3. Fotocopy surat nikah
  4. Fotocopy SK PNS
  5. Fotocopy SK CPNS

Keterangan :

Kewenangan Pengurusan ada di Kanreg I BKN

3. Kartu Taspen

Dasar hukum :
Peraturan Pemerintah No 10 Tahun 1983 tentang Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri
Persyaratan pembuatan Kartu Taspen:

  1. Fotocopy SK PNS
  2. Fotocopy SK CPNS
  3. Surat Pernyataan Menjalankan Tugas
  4. Fotocopy leger gaji / SK KGB terakhir
  5. Fotocopy SKUMPTK (Surat Keterangan Untuk Mendapatkan Pembayaran Tunjangan Keluarga)
  6. Fotocopy konversi NIP

Keterangan :

Kewenangan pengurusan ada di PT TASPEN-Purwokerto

 

KARTU PEGAWAI ELEKTRONIK (KPE)

Kartu Identitas PNS yang memuat data PNS dan   keluarganya  secara elektronik

FUNGSI  KPE

  1. Fungsi Utama sebagai Kartu Identitas PNS secara elektronik, rencana sebagai pengganti KARPEG sekarang (Karpeg lama masih berlaku);
  2. Fungsi Tambahan : untuk layanan pembayaran gaji melalui bank, layanan Taperum, Askes dan Taspen

PROSES  PENGAKTIFAN KPE SEBAGAI  ATM

Setelah diterima, KPE diajukan oleh PNS ybs.ke Bank Jateng utk mendapatkan PIN dan Buku Tabungan (rekening baru bebas biaya)

PROSES PEMBAYARAN GAJI LEWAT ATM

  1. Bendahara mengajukan jumlah besaran gaji dan potongannya tiap PNS ke Bank Jateng
  2. Bank Jateng memindahbukukan gaji  bersih ke  rekening  ATM
  3. PNS bisa mengambil gaji lewat ATM Bank Jateng (sementara disarankan utk ATM Bank Jateng dulu)

ADA DUA CARA PENGAMBILAN GAJI

  • Lewat  ATM
  • Lewat Bendaharawan Gaji seperti biasa

HAL – HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN TERHADAP KPE :

  1. KPE adalah identitas PNS  elektronik bukan ATM
  2. jangan sampai hilang
  3. jangan sampai rusak
  4. Agar lebih aman utk fungsi ATM, minta ATM pendamping dari Bank Jateng
  5. Jangan dilaminating
  6. Jangan sampai tertelan mesin ATM (PIN harus ingat)
  7. Jika data tidak benar segera diusulkan perbaikan

SYARAT USULAN PERBAIKAN DATA KPE  DAN KPE RUSAK :

  1. KPE Asli yang salah/rusak
  2. Fc. SK CPNS, PNS, KP Akhir masing2  2 (dua) lembar
  3. Surat Pengantar dari SKPD

Jika KPE Hilang :

  1. Segera laporkan ke pihak kepolisian
  2. Laporkan ke Bank Jateng
  3. Laporkan ke BKD dengan lampiran :

- fc. Surat kelihalangan dari kepolisian

- fc. SK CPNS, PNS, KP Akhir masing2 2 (dua) lembar.