Kartu Pegawai Elektronik (KPE)

Jul 26

Kartu Pegawai Elektronik (KPE)

FUNGSI KPE

  1. Fungsi Utama sebagai Kartu Identitas PNS secara elektronik, rencana sebagai pengganti KARPEG sekarang (Karpeg lama masih berlaku);
  2. Fungsi Tambahan : untuk layanan pembayaran gaji melalui bank, layanan Taperum, Askes dan Taspen

PROSES PENGAKTIFAN KPE SEBAGAI ATM

  • Setelah diterima, KPE diajukan oleh PNS ybs.ke Bank Jateng utk mendapatkan PIN dan Buku Tabungan (rekening baru bebas biaya)

PROSES PEMBAYARAN GAJI LEWAT ATM

  1. Bendahara mengajukan jumlah besaran gaji dan potongannya tiap PNS ke Bank Jateng
  2. Bank Jateng memindahbukukan gaji bersih ke rekening ATM
  3. PNS bisa mengambil gaji lewat ATM Bank Jateng (sementara disarankan utk ATM Bank Jateng dulu)

ADA DUA CARA PENGAMBILAN GAJI

  1. Lewat ATM
  2. Lewat Bendaharawan Gaji seperti biasa

HAL – HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN TERHADAP KPE :

  1. KPE adalah identitas PNS elektronik bukan ATM
  2. Jangan sampai hilang dan jangan sampai rusak
  3. Agar lebih aman utk fungsi ATM, minta ATM pendamping dari Bank Jateng
  4. Jangan dilaminating
  5. Jangan sampai tertelan mesin ATM (PIN harus ingat)
  6. Jika data tidak benar segera diusulkan perbaikan

SYARAT USULAN PERBAIKAN DATA KPE DAN KPE RUSAK :

  1. KPE Asli yang salah/rusak
  2. Fc. SK CPNS, PNS, KP Akhir masing2 2 (dua) lembar
  3. Surat Pengantar dari SKPD
  4. Jika KPE Hilang :
  5. Segera laporkan ke pihak kepolisian
  6. Laporkan ke Bank Jateng
  7. Laporkan ke BKD dengan lampiran :
  • Fc. Surat kelihalangan dari kepolisian
  • Fc. SK CPNS, PNS, KP Akhir masing2 2 (dua) lembar.
Read 3804 times