Sosialisasi SKP Kanreg I BKN Yogyakarta

Jan 24

Sosialisasi SKP Kanreg I BKN Yogyakarta

Wonosobo, BKD - BKD Kabupaten Wonosobo baru saja melaksanakan Kegiatan Sosialisasi dan Pendampingan Penyusunan Pedoman Standar Teknis Kegiatan Sasaran Kerja Pegawai (PSTK SKP) pada tanggal 22 dan 23 Januari 2018 kemarin. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula BKD Kab. Wonosobo dan Ruang Rapat Mangoenkoesoemo Setda tersebut merupakan salah satu bentuk layanan kepada PNS di Lingkungan Pemkab. Wonosobo dalam hal Penilaian Prestasi Kerja PNS, yang di masa sebelum ditetapkannya PP No. 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (PPKP) dikenal sebagai DP3 (Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan).

Kabupaten Wonosobo menjadi salah satu lokus kegiatan Evaluasi dan Asistensi Prestasi Kerja PNS di wilayah kerja Kanreg I BKN Yogyakarta selain Kota Magelang, Kabupaten Semarang dan Kabupaten Pati. Peserta dalam kegiatan sosialisasi meliputi seluruh PNS di BKD Kab. Wonosobo dan pengelola kepegawaian pada perangkat daerah Se Kab. Wonosobo, termasuk UPT Dikpora dan Puskesmas serta perwakilan dari Jabatan Fungsional pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Wonosobo sejumlah 150 orang.

Kegiatan Sosialisasi dan Pendampingan Penyusunan Pedoman Standar Teknis Kegiatan Sasaran Kerja Pegawai (PSTK SKP) dibuka oleh Asisten Administrasi Sekda Wonosobo Drs. Samsul Ma’arif, MM. Dalam sambutan pengarahannya, beliau mengapresiasi pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut. Kepada Tim dari Kanreg I BKN Yogyakarta yang dipunggawai oleh Kepala Seksi Supervisi Kepegawaian Kanreg I BKN Yogyakarta Bapak Heri Purwanto, SH, beliau menyampaikan harapan, agar apa yang menjadi maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan dapat tercapai secara optimal. Apa yang selama ini belum dipahami dalam penyusunan SKP maupun dalam Penilaian SKP dan Penilaian Prestasi Kerja PNS dapat dijelaskan secara gamblang, berikutnya hal baru terkait PSTK SKP juga dapat disampaikan secara jelas samai dengan simulasi penyusunannya.
Materi yang disampaikan oleh Tim dari Kanreg I BKN Yogyakarta difokuskan pada Sosialisasi PSTK SKP (mempedomani Perka BKN No. 3 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyusunan Standar Teknis Kegiatan Sasaran Kerja Pegawai) beserta simulasi penyusunannya, dan mengurai kesalahan-kesalahan yang selama ini ditemui dalam Penyusunan SKP dan Penilaian SKP serta PPKP.

Peserta kegiatan sosialisasi sangat antusias selama proses sosialisasi dan saat kegiatan simulasi dilaksanakan. Terlebih di saat kegiatan tanya jawab terkait permasalahan dalam Penyusunan SKP dan Penilaian SKP serta PPKP. Peserta setia mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir acara.
Kegiatan Sosialisasi dan Pendampingan Penyusunan PSTK SKP dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan ketentuan Pasal 2 Perka BKN No. 3 Tahun 2016 yang menyebutkan bahwa “setiap instansi pemerintah menyusun dan menetapkan standar teknis kegiatan sasaran kerja pegawai sesuai dengan karakteristik, sifat, jenis kegiatan, serta kebutuhan tugas dan fungsi masing-masing jabatan.” memiliki maksud dan tujuan agar setiap instansi pemerintah memiliki kesamaan pemahaman dalam penyusunan (Sasaran Kerja Pegawai) SKP, terutama bagi JFU, Jabatan Struktural dan JFT. Selanjutnya, agar SKP yang disusun dapat dipertanggungjawabkan pelaksanaannya, tidak hanya sebagai pemenuhan dokumen administratif belaka, serta dapat mempermudah setiap PNS dalam menyusun kegiatan tugas jabatan dalam SKP juga mempermudah penilaian prestasi kerja PNS setiap tahun oleh atasan langsung selaku pejabat penilai.

Hasil dari pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan pendampingan Penyusunan PSTK SKP dan SKP, diharapkan setiap Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo untuk membentuk Tim PSTK SKP dan melakukan proses penyusunan PSTK SKP sebagai pedoman penyusunan SKP setiap nama jabatan pada unit kerjanya masing-masing. Tim PSTK SKP Instansi Daerah tersebut dapat dibentuk pada setiap unit kerja setingkat Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama pada Sekretariat Daerah, Organisasi Perangkat Daerah, Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Unit Pelayanan Teknis Daerah, atau unit kerja lain sesuai dengan kebutuhan pada instansi daerah dengan jumlah tim ganjil/gasal minimal 3 orang, terdiri atas Ketua, Sekretaris dan Anggota , dimana keanggotaan tim mempersyaratkan kepemilikan integritas, komitmen, keahlian/kemampuan serta pemahaman terhadap tusi organisasi.

Materi Sosialisasi :

  1. Materi slide dapat diunduh di tautan berikut >> Download Materi Sosialisasi SKP Kanreg I BKN Yogyakarta <<
  2. Perka BKN No. 1 th 2013 tentang Ketentuan Pelaksanaan PP No. 46 th 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS >> DOWNLOAD <<
  3. Perka BKN No. 3 th 2016 tentang Pedoman Penyusunan Standar Teknis Kegiatan Sasaran Kerja Pegawai >> DOWNLOAD <<

Foto Kegiatan Sosialisasi SKP Kanreg I BKN Yogyakarta >> FOTO KEGIATAN <<

Read 289 times
loader