Sosialisasi Layanan Pra Pensiun

Feb 13

Sosialisasi Layanan Pra Pensiun

Wonosobo, BKD - Senin ,12 Februari 2018 Pukul. 09.00 – 13.00 WIB di Ruang Rapat Mangoenkoesoemo Setda Wonosobo telah dilaksanakan Kegiatan Sosialisasi Layanan Ketaspenan, Kewirausahaan dan Perbankan bagi 200 orang PNS aktif di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo yang akan pensiun dalam jangka waktu 3 (tiga) tahun yang akan datang. Sosialisasi ini merupakan pelaksanaan program Kerja BKD Kab. Wonosobo dalam hal Layanan bagi PNS dalam menghadapi masa pensiun/orientasi pra pensiun yang difasilitasi oleh Mitra Layanan Taspen PT. Bank Bukopin Tbk KCU Magelang.

Materi yang disampaikan antara lain mengenai Layanan Ketaspenan yang disampaikan oleh Kabid Layanan dan Manfaat PT. Taspen Persero Cabang Purwokerto, Mohammad Rudi, SE, Materi Kewirausahaan tentang Ternak Lele Bioflox yang disampaikan oleh Acep Ali Mubarak dari Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan; dan Materi Layanan dan Fasilitas Perbankan bagi PNS pra pensiun yang disampaikan oleh Insan Dwijaya Putra, Koordinator Bisnis Wilayah Bukopin KCU Magelang.

Asisten Administrasi Sekda Wonosobo, Drs. Samsul Ma’arif dalam sambutannya mengapresiasi dan menyambut baik pelaksanaan kegiatan sosialisasi layanan ketaspenan, kewirausahaan dan perbankan bagi PNS jelang pensiun. Cepat atau lambat, semua PNS akan memasuki masa pensiun (purnabakti) dan dihadapkan pada permasalahan sosial yang sangat kompleks, karena secara psikologis para pensiunan harus menyesuaikan dengan lingkungan hidup yang baru. Oleh karena itu, PNS yang akan menjalani pensiun perlu dipersiapkan mental, kemampuan dan ketrampilan lain yang dapat dipakai sebagai modal dalam hidup di lingkungan yang baru. Purna Bakti bukan berarti berhenti beraktivitas, justru lebih leluasa dalam beraktivitas seperti berwirausaha dan mengembangkan hobi. Beliau juga menyampaikan beberapa aspek yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi masa purna bakti/ purna tugas, seperti diantaranya terkait kesiapan mental, ekonomi, sosial, serta fisik/berkaitan dengan kesehatan. Perubahan dalam beberapa aspek tadi akan menjadikan pengaruh buruk bila tidak tepat mensikapinya/tidak dipersiapkan dengan baik.

Penyampaian materi oleh beberapa narasumber sangat menarik perhatian dan minat dari para peserta sosialisasi hingga akhir kegiatan sosialisasi. Materi Layanan Ketaspenan, misalnya seperti hak-hak apa saja yang akan diterima PNS setelah pensiun, dan kategori apa saja yang tidak berhak memperoleh pensiun, hingga contoh perhitungan perolehan pensiun beserta penjelasan lebih lanjut mengenai beberapa hak kepegawaian yang diterima PNS saat pensiun seperti THT beserta Bapertarum bagi yang belum pernah memanfaatkannya. Prinsip 5 T dari PT. Taspen Persero diharapkan benar-benar menjadi komitmen dalam memberikan layanan ketaspenan yang optimal kepada PNS yang Purna Tugas.

Untuk materi kewirausahaan mengenai sistem biofloc dalam pengembangan/pengoptimalan produksi lele juga tidak kalah menarik minat para peserta sosialisasi. Beberapa diantara peserta menghendaki adanya pendampingan lanjutan serta mengusulkan adanya pelatihan lapangan khusus bagi para PNS calon purna tugas langsung ke lokasi pembelajaran untuk dapat melihat secara langsung dan lebih gamblang dalam prakteknya.

Informasi mengenai fasilitas layanan perbankan terkait akses pembiayaan/permodalan juga tersampaikan kepada para PNS calon purna tugas yang mengikuti kegiatan sosialisasi. Saat ini para PNS Calon Purna Tugas tidak perlu khawatir lagi bila menghendaki bantuan pembiayaan usaha yang tengah dirintis sebagai persiapan menghadapi masa purna tugas.

Materi Sosialisasi dapat diunduh di tauatan berikut >> DOWNLOAD MATERI <<

Lihat Video tutorial Cara Budidaya Ikan Lele Bioflok Lengkap >> LIHAT DISINI <<

 

 

Read 315 times
loader