Diklat Fungsional Calon Pengawas Sekolah tahun 2018

Apr 16

Diklat Fungsional Calon Pengawas Sekolah tahun 2018

Wonosobo, BKD - Dalam rangka meningkatkan pelaksanakan kegiatan pengawasan akademik dan manajerial pada satuan pendidikan, Pemerintah Kab. Wonosobo, melalui BKD menugaskan 14 Peserta Guru SD dan TK untuk melaksanakan Diklat Fungsional Calon Pengawas Sekolah tahun 2018. Pelaksnaan Kegiatan ini berlangsung selama 6 hari , dimulai dari tanggal 16 s.d 21 April 2018 di Hotel King - Ruko Gawok, Jl. Khudori No.20, Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menurut Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 21 Tahun 2010 sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 21 Tahun 2010 Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya. Pengawas Sekolah/Madrasah adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab dan wewenang untuk melaksanakan kegiatan pengawasan akademik dan manajerial pada satuan pendidikan. Tugas pokok Pengawas Sekolah/Madrasah adalah melaksanakan tugas pengawasan akademik dan manajerial pada satuan pendidikan yang meliputi penyusunan program pengawasan, pelaksanaan pembinaan, pemantauan pelaksanaan 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan, penilaian, pembimbingan dan pelatihan profesional guru, evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan, dan pelaksanaan tugas kepengawasan di daerah khusus. Untuk melaksanakan tugasnya tersebut, seorang pengawas sekolah/Madrasah dituntut untuk memiliki kualifikasi dan kompetensi yang dipersyaratkan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah. Berdasarkan tugas tersebut, pengawas sekolah/madrasah memiliki peran yang signifikan untuk peningkatan mutu pendidikan di satuan pendidikan. Untuk mengoptimalkan peran tersebut diperlukan jumlah Pengawas Sekolah/Madrasah pada semua jenjang pendidikan yang selaras dengan jumlah sekolah/madrasah atau guru yang dibina oleh pengawas sekolah/madrasah.

Kegiatan Diklat Fungsional Calon Pengawas Sekolah tahun 2018 dibuka secara langsung oleh Joko Kushermanto, selaku Asisten III Sekda Kab. Kulon Progo.

Agenda Kegiatan dapat dilihat ditautan berikut >> Agenda Kegiatan Diklat Fungsional Calon Pengawas Sekolah tahun 2018 <<

Read 4401 times
loader