Psikoedukasi - Positive Parenting

Sep 06

Psikoedukasi - Positive Parenting

Wonosobo, BKD - BKD Kabupaten Wonosobo pada tahun anggaran 2018 ini memiliki kegiatan Fasilitasi Pelayanan Kesehatan bagi PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo. Kegiatan Fasilitasi Pelayanan Kesehatan bagi PNS berupa fasilitasi MCU/Uji Kesehatan bagi PNS yang belum sembuh dari sakitnya setelah selesainya cuti sakit, layanan pemeriksaan kesehatan dasar berupa layanan luar gedung dari puskesmas, serta layanan psikolog.
Kegiatan Fasilitasi Pelayanan Kesehatan bagi PNS ini bertujuan untuk mendekatkan layanan pemeriksaan kesehatan bagi PNS di Lingkungan Pemerintah Kab. Wonosobo sebagai upaya dalam meningkatkan kesejahteraan PNS di bidang kesehatan baik kesehatan fisik maupun kesehatan psikisnya dalam rangka mewujudkan PNS yang sehat guna meningkatkan kinerja PNS melalui pendekatan layanan kesehatan dan layanan psikolog kepada PNS.

Kegiatan layanan kesehatan dilaksanakan setiap hari Senin dan Rabu Pukul.08.00 – 14.00 WIB dan hari Jumat Pukul 08.00 – 11.00 WIB setiap minggunya, sedangkan layanan psikolog dilaksanakan setiap hari Rabu Minggu Pertama setiap bulannya mulai Pukul. 13.00 WIB berlokasi di Sekretariat Daerah Wonosobo. Sedangkan tenaga medis oleh Puskesmas 1 Wonosobo.

Kegiatan layanan kesehatan dan layanan psikolog bagi PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo telah disosialisasikan dan dilaunching pada Hari Senin tanggal 30 Juli 2018 oleh beliau Bapak Bupati Wonosobo. 

Pada Hari Rabu, 5 September 2018 layanan psikolog bagi PNS dikemas dalam bentuk Psikoedukasi bagi peserta yang terdiri dari PNS di Lingkungan Sekretariat Daerah Wonosobo dan PNS pada BKD Wonosobo dengan jumlah 15 peserta, dengan tema “Positive Parenting (Pengasuhan Positif)”. Psikolog Harrista Adiati, M.Psi menyampaikan materi positive parenting diselingi dengan pemutaran cuplikan video tentang kekuatan motivasi yang diberikan seorang ibu kepada putrinya yang menjadikan putrinya tersebut sukses dalam kehidupannya, bagaimana bahaya pornografi merusak otak anak dimana dengan kepedulian anggota keluarga dapat menyembuhkan kerusakan tersebut, dan bagaimana para peserta dapat mengajarkan kepada anak dengan keteladanan cara melindungi dirinya dari orang asing.

Poin dalam Positive Parenting adalah 3P, yakni Penuh kasih sayang, Penghargaan, dan Persahabatan. Betapa pentingnya hal seperti keteladanan, konsisten, pembiasaan, komunikasi yang efektif, disiplin positif, serta tanpa kekerasan dilaksanakan dalam proses pengasuhan kepada anak, cucu dan anggota keluarga yang lain, serta dalam proses berinteraksi antara rekan kerja bagi PNS.

Psikoedukasi melibatkan peran aktif peserta dalam proses pengasuhan yang positif, bagaimana harapan dan kenyataan kondisi pengasuhan yang dilaksanakan saat ini untuk selanjutnya dapat diperbaiki menjadi lebih positif agar harapan terhadap tumbuh kembang anak yang positif juga dapat tercapai. Para peserta kelas psikoedukasi ini sangat interaktif, apresiatif dan bersemangat. Beberapa peserta psikoedukasi seusai kelas terlihat melaksanakan konsultasi lanjutan bersama psikolog Harrista Adiati, M.Psi.

Secara umum kondisi psikologi peserta kegiatan dalam keadaan baik, dan terlihat semangat bagaimana untuk meningkatkan pola didik dan pola asuh anak agar menjadi anak sesuai harapan orangtua.

Foto Kegiatan Dapat dilihat di >> Foto Psikoedukasi - Positive ParentingPsikoedukasi - Positive Parenting <<

Read 137 times
loader