Inspeksi Mendadak (Sidak) PNS Sept. 2018

Sep 05

Inspeksi Mendadak (Sidak) PNS Sept. 2018

Wonosobo, BKD - Pemerintah Kabupaten Wonosobo telah berupaya meningkatkan disiplin Pegawai Negeri Sipil di Jajaran Pemerintah Kabupaten Wonosobo dengan dibentuknya Tim Inpeksi mendadak (Sidak) Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo yang telah ditetapkan dengan Keputusan Bupati Wonosobo Nomor : 800/0045/BKD/2018 tanggal 8 Januari 2018. Sebagai tindak lanjut dari Keputusan tersebut, maka Tim Inspeksi Mendadak (Sidak) selama 2 (dua) hari berurut-turut yaitu pada tanggal 4 dan 5 September 2018 menggelar Inspeksi mendadak (Sidak) dengan target sasaran beberapa sekolah yang ada di Wilayah Kabupaten Wonosobo.

Selama 2 hari Inspeksi mendadak menyisir dibeberapa sekolah yang berada di 6 (enam) Wilayah Kecamatan meliputi Kecamatan Wadaslintang, Sukoharjo, Leksono, Selomerto, Kalikajar, dan Sapuran.

Untuk pelaksanaan Inspeksi mendadak (Sidak) tersebut melibatkan beberapa Instansi yang tergabung dalam Tim Inspeksi Mendadak (Sidak) PNS yang terdiri dari : Badan Kepegawaian Daerah, Kantor Satuan Polisi Pamong Praja, Inspektorat, Kantor Kesbangpol, dan Bagian Hukum Setda Kabupaten Wonosobo. Dengan kekuatan sebanyak 23 personil terbagi dalam 3 Tim. Mereka mendatangi satu persatu sekolah yang menjadi sasaran Inspeksi mendadak untuk mengetahui tingkat kedisiplinan Pegawai Negeri Sipil.

Pada dasarnya Inspeksi mendadak (Sidak) dilakukan untuk mengetahui dan memotret secara langsung kondisi kedisiplinan Pegawai Negeri Sipil berdasarkan peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 dengan lingkup mencakup disiplin presensi (pengecekan daftar hadir), disiplin masuk dan pulang kerja, disiplin mentaati Jam kerja, disiplin mengenakan pakaian dinas, disiplin dalam menjalankan tugas kedinasan yang telah dipercayakan serta kedisiplinan lainnya sekaligus menggali permasalahan di bidang kepegawaian.

Disamping itu melalui Inspeksi mendadak oleh Tim Sidak dijadikan ajang untuk pembinaan PNS sekaligus sarana untuk pembinaan dengan memberikan pemahaman berkaitan dengan aturan-aturan kepegawaian termasuk tentang disiplin PNS. Pegawai Negeri Sipil hukumnya wajib dan paham akan kewajiban yang harus dilakukan dan larangan yang seharusnya tidak dilakukan (dihindari) oleh Pegawai

Terdapat 17 kewajiban yang harus dilakukan dan 15 larangan yang harus dihindari sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010. Jika ditemukan Pegawai Negeri Sipil tidak melaksanakan kewajiban, justru malah sebaliknya melakukan apa yang dilarang, maka sanksi hukuman disiplin yang akan dikenakan.

Inspeksi mendadak (Sidak) bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo akan terus dilakukan secara rutin , agar para pegawai tetap disiplin , bekerja secara profesional, penuh tanggungjawab atas tugas kedinasan yang telah dipercayakan kepada Pegawai Negeri Sipil dan terhindar dari Sanksi.

Secara umum tingkat kedisiplinan masuk kerja kepada Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Sekolah cukup baik, hanya ketidak tertiban dalam mengisi daftar hadir/presensi masih kurang serta kelengkapan atribut seragam masih perlu diperhatikan.

PELAKSANAAN SIDAK PNS PEMERINTAH KAB. WONOSOBO

04 -05 SEPTEMBER 2018

 
NO Waktu Pelaksanaan Pelaksana Lokasi Tujuan
         
1.

Selasa,

04 September 2018

TIM I a. SDN Mergosari, Kec. Sukoharjo
    b. SDN Karanganyar, Kec. Sukoharjo
      c. SDN Sempol, Kec. Sukoharjo
         
    TIM II a. SDN 1 Kalikajar, Kec. Kalikajar
      b. SDN 1 Perboto, Kec. Kalikajar
      c. SDN 1 Mangunrejo, Kec. Kalikajar
         
    TIM III a. SDN 1 Wadaslintang, Kec. Wadaslintang
      b. SDN 1 Erorejo, Kec. Wadaslintang
         
         
2

Rabu,

05 September 2018

TIM I a. SDN Semayu, Kec. Selomerto
    b. SDN 1 Sidorejo, Kec. Selomerto
      c. SDN Simbarejo, Kec. Selomerto
         
    TIM II a. SDN 1 Selokromo, Kec. Leksono
      b. SDN 1 Jlamprang, Kec. Leksono
      c. SDN 1 Leksono, Kec. Leksono
         
    TIM III a. SDN Ngadisalam, Kec. Sapuran
      b. SDN Batursari, Kec. Sapuran
      c. SDN Marongsari, Kec. Sapuran
Read 383 times
loader