Kepala Sekolah Sebagai Penentu Keberhasilan Sekolah

Sep 14

Kepala Sekolah Sebagai Penentu Keberhasilan Sekolah

Wonosobo, BKD - Bertempat di Gedung Sasana Adipura Kencana, hari Kamis tanggal 23 September 2018 Bupati Wonosobo EKO PURNOMO, SE.,MM melantik 186 Jabatan Guru yang ditugaskan sebagai Kepala Sekolah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo.

Dalam sambutannya Bupati EKO PURNOMO, SE.,MM menyampaikan bahwa Kepala sekolah dituntut harus memfokuskan diri, dalam memikirkan upaya untuk mengembangkan sekolah yang dipimpinnya dan juga peningkatan kualitas pendidikan di sekolah masing- masing, itu adalah tugas dan tanggung jawab kepala sekolah. Kualitas dan kemajuan sekolah sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolahnya.

Saat ini, Kepala Sekolah tidak hanya bertindak sebagai pimpinan di Sekolah, namun selain itu tugas-tugas strategis juga melekat pada Kepala Sekolah, antara lain:

  1. Kepala Sekolah sebagai Pendidik (Educator)
  2. Kepala Sekolah sebagai Manajer (Manager)
  3. Kepala Sekolah sebagai Pengelola Administrasi (Administrator)
  4. Kepala Sekolah sebagai Penyelia (Supervisor)
  5. Kepala Sekolah sebagai Pemimpin (Leader)
  6. Kepala Sekolah sebagai Pembaharu (Inovator)
  7. Kepala Sekolah sebagai Pendorong (Motivator)

Kepala sekolah adalah pelaku utama dalam memainkan peranan penting di sekolah.

Kepala sekolah merupakan the key person dalam mencapai keberhasilan otonomi sekolah yang diberi tanggung jawab dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber dana untuk kepentingan keberhasilan pencapaian visi, misi dan tujuan sekolah.

Adapun dalam hal administrator kepala sekolah sangat menentukan baik dalam hal perencanaan dan pengesahan segala macam bentuk administrasi sekolah. Sedangkan dalam hal supervisor kepala sekolah sangat menentukan segala arah kebijakan yang berkaitan dengan supervisi di sekolah. Sehingga apa yang tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dapat terwujud.

 

Foto Kegiatan >> Pelantikan Kepala Sekolah <<

Read 264 times
loader