Psikoedukasi bagi PNS "Kelas Relaksasi"

Oct 04

Psikoedukasi bagi PNS "Kelas Relaksasi"

Wonosobo, BKD - Pelaksanaan kegiatan psikoedukasi bagi PNS sudah memasuki bulan kedua pada Oktober ini. Hari ini, Rabu 3 Oktober 2018 "Kelas Relaksasi" menjadi pilihan setelah pada bulan sebelumnya dipilih "Kelas Parenting". Peserta dari 8 OPD di Lingkungan Pemkab. Wonosobo mendapatkan kesempatan mengikuti kelas kali ini.
Relaksasi sangat besar manfaatnya dalam mengatasi keluhan psikis maupun fisik yang diakibatkan stressor dari beberapa sumber/hal seperti keluarga, pekerjaan, keuangan, dan kesehatan. Keluhan psikis seperti mudah marah, tidak sabar, mudah tersinggung, sulit tidur, tidak tenang, bingung, dan keluhan fisik seperti sakit kepala, mata berkunang-kunang, rasa berat di tengkuk, kelelahan, dan telinga berdengung diharapkan dapat memperbaik kondisi tubuh. Tubuh/badan menjadi lebih nyaman, sabar, tenang, pikiran jernih, tidak kemrungsung, dan mudah tidur.
Sesi relaksasi yang dilaksanakan bertujuan agar setiap peserta mengetahui tentang teknik relaksasi, mampu memperbaiki kondisi tubuh, pikiran, perasaan menjadi lebih nyaman, mampu melakukan teknik relaksasi mandiri di lingkungan masing-masing, dan mampu mempraktekkan teknik relaksasi tersebut.
Relaksasi yang dipraktekkan antara lain:

  1. Deep breathing relaxation >> Relaksasi Pernafasan Dalam (RPD)
  2. Progressive muscle relaxation >> Relaksasi Otot Progresif (ROP)
  3. Guided imagery relaxation >> Relaksasi Imajeri Terpandu (RIT)

Di akhir sesi para peserta menyatakan bahwa mereka merasa jauh lebih rileks, rata-rata bila diukur dengan range angka, pra dan pasca relaksasi peserta mengalami peningkatan rasa nyaman dari semula bernilai 5 menjadi bernilai 8 bahkan 9. Harrista Adiati, M. Psi dalam penutupan kelas menyampaikan betapa relaksasi adalah salah satu terapi yang penting dan sangat dianjurkan untuk rutin dilaksanakan dengan porsi yang tentunya disesuaikan dengan kondisi masing-masing pribadi. Akhirnya, salam bahagia, sehat dan sejahtera.

 

Foto Kegiatan >> Psikoedukasi bagi PNS "Kelas Relaksasi" <<

Read 110 times
loader