"Talent Scouting" PNS Kab. Wonosobo

Aug 29

"Talent Scouting" PNS Kab. Wonosobo

Wonosobo, BKD - Selama 2 hari, ( Rabu-Kamis, 28/29-08-2019) Pemerintah Kab. Wonosobo dalam hal ini melalui BKD Kab. Wonosobo bekerjasama dengan tim penguji eksternal dari Pusat Pengkajian Kebijakan Daerah dan Kelembagaan (PPKDK) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)  UNS Surakarta melaksanakan kegiatan Penelusuran ASN potensial atau Talent scouting bagi PNS khususnya bagi pejabat Pengawas di lingkungan Pemkab. Wonosobo. Kegiatan dibuka secara langsung oleh Pj. Sekretaris Daerah Kab. Wonosobo, Drs. MUHAMAD AZIZ WIJAYA, M.Si. , dan didampingi Kepala BKD Kab. Wonosobo,  Dr.PRAYITNO, S.Sos, M.Si.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, hari pertama pada tanggal 28 Agustus 2019 diikuti oleh 179 peserta dan hari kedua pada tanggal 29 Agustus 2019 diikuti oleh 194 peserta, adapun materi yang diujikan meliputi Psikometri, Case Analysis, Integrity Questionnaire, Uji Komptensi Bidang dan Leaderless Group Discussion (LGD).

Kegiatan ini ditutup oleh Sekretaris BKD Kab. Wonosobo, ASNGARI, S.Sos.

DSC 0055

Latar Belakang

Sesuai Pasal satu (1) tentang ketentuan umum ayat 22 Undang Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara menyebutkan bahwa sistem merit adalah kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja secara adil dan wajar dengan tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur, atau kondisi kecacatan.
Penelusuran ASN potensial atau Talent scouting adalah sebuah metode yang digunakan untuk mencari PNS dengan bakat-bakat dan kompetensi terbaik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo. Talent scouting akan di laksanakan oleh Badan Kepegawaian Daerah bekerja sama dengan tim penguji eksternal dari PPKDK LPPM UNS Solo. Hasil Talent Scouting akan disusun kedalam Talent Pool yang terintegrasi dengan Sistem Informasi dan Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) dan kemudian dijadikan sebagai panduan bagi Pemerintah Daerah dalam memetakan PNS berdasarkan peminatan, rumpun pendidikan dan pembidangan kompetensi. Dan nantinya akan dijadikan pedoman dalam menerapkan sistem merit di daerah.

DSC 0068

Peserta

Sesuai Ketentuan Pasal 54 ayat 1 Peraturan Pemerintah Nomor 11 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil Peserta Uji Penelusuran Kader PNS Potensial Kabupaten Wonosobo adalah PNS Pemerintah Kabupaten Wonosobo yang menduduki Jabatan Pengawas (setara eselon IV) dengan pendidikan minimal Sarjana (S1) atau Diploma IV sejumlah 373 PNS.

DSC 0115

Penetapan Daftar Nominatif kelompok hasil Penelusuran PNS Potensial

  1. Hasil uji kompetensi dilaporkan oleh ketua tim Pengarah kepada PPK.
  2. PNS yang lulus seleksi terbuka dinyatakan sebagai kader potensial dan dimasukkan dalam daftar nominatif kelompok (Talent Pool) hasil Penelusuran PNS Potensial.
  3. Daftar nominatif kelompok hasil Penelusuran PNS Potensial (Talent Pool) dikelompokkan sesuai dengan rumpun kompetensi masing-masing.

Daftar nominatif kelompok hasil Penelusuran PNS Potensial (Talent Pool) selanjutnya ditetapkan dengan Keputusan Bupati.

Foto Kegiatan >> "Talent Scouting" PNS Kab. Wonosobo <<

Read 137 times
loader