Rakor Evaluasi KP Periode Okt. 2020

Oct 16

Rakor Evaluasi KP Periode Okt. 2020

Wonosobo, BKD - Dalam rangka peningkatan layanan Kenaikan Pangkat PNS (KP PNS), BKD Kab. Wonosobo bekerja sama dengan Kanreg I BKN Yogyakarta menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Evaluasi Kenaikan Pangkat periode Oktober 2020 dan Persiapan Kenaikan Pangkat periode April 2021. Kegiatan ini diselenggarakan di Krishna Resto Garden Wonosobo, dengan peserta  pejabat pengelola kepegawaian dari semua OPD se-Kabupaten Wonosobo. Dalam rangka mencegah penyebaran covid-19, kegiatan ini tetap memberlakukan protokol kesehatan, salah satunya adalah membagi kegiatan menjadi 2 tahap, tahap pertama pada Selasa (13/10/2020) dan tahap berikutnya pada Rabu (14/10/2020).

rakorkp1

Pada sambutan Kepala BKD Kab. Wonosobo yang diwakili oleh Kepala Bidang Perencanaan dan Penatausahaan Kepegawaian Badan Kepegawaian Daerah Kab. Wonosobo, TRI SULISTYAWATI, S.Sos., MM. dan juga sebagai laporan proses KP Periode Okt. 2020 bahwa : 

  1. Usulan dari OPD sejumlah 318
  2. Usulan setelah verifikasi BKD Kab. Wonosobo sebanyak 314 usulan, 4 usulan Tidak Memenuhi Syarat (TMS)dengan pertimbangan  :
    • 2 usulan dari Dinas Pangan dan Pertanian Perikanan, tidak memenuhi syarat karena penyuluh pertanian belum lulus Ukom kenaikan jenjang;
    • 1  usulan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, tidak memenuhi  persyaratan  karena Guru  pendidikan  terakhir  SPG,  sesuai ketentuan  kenaikan  pangkat  paling  tinggi adalah Penata Muda Tk.  I   (111/d);
    • 1 usulan dari Dinas Kesehatan, tidak memenuhi persyaratan karena Bidan naik jabatan/pangkat belum memperoleh angka kredit kumulatif sebanyak 200;
  1. Bahwa  dari  usulan  kenaikan  pangkat  sebanyak 314 yang telah kami kirim ke BKD Provinsi, Kanreg I Jogjakarta dan BKN Pusat telah terealisasi sampai dengan saat ini sebanyak 290 dengan rincian sesebagai berikut :
    • Golongan  I,  II  dan Ill,  sebanyak 224
    • Golongan IV/a;IV/b;IV/c,  sebanyak 66
    • 21 usulan golongan  III  masih  proses  di BKN  Kanreg I Jogja,
    • 1 usulan pembatalan nota  usul dikarenakan mutasi ke Pemkab Bondowoso
    • 2 usulan masih proses di BKN pusat  (golongan IV/c dan IV/d)

rakorkp2

Dalam kesempatan ini, TRI SULISTYAWATI, S.Sos., MM., juga menyampaikan bahwa Kenaikan Pangkat bagi seorang Pegawai Negeri Sipil pada hakekatnya merupakan sebuah penghargaan yang diberikan negara atas prestasi kerja. Oleh karena merupakan sebuah penghargaan maka harus dipahami bahwa kenaikan pangkat bukanlah merupakan hak sebagaimana yang secara tegas diatur dalam UU Nomor 05 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pasal 21, atas dasar itulah hendaknya kenaikan pangkat yang diperoleh dapat dipandang sebagai kenaikan tanggungjawab atas jenjang pangkat baru yang dibarengi dengan  peningkatan prestasi  kerja  dan perilaku  kerja yang baik dan diberikan tepat pada orang dan tepat pada waktunya, sehingga untuk mendapatkan penghargaan PNS harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Turut hadir dalam kegiatan Rapat Koordinasi Evaluasi Kenaikan Pangkat periode Oktober 2020 dan Persiapan Kenaikan Pangkat periode April 2021, Narasumber  dari BKN  Kanreg  I BKN Yogyakarta, Drs. SLAMET  WIYONO,  M.M.  Kabid  Mutasi dan Status Kepegawaian dan SAPTANA   HADI,S.H.  Analis  Kepegawaian Muda.

Read 274 times
loader