FGD Penyetaraan Jabatan

Jan 07

FGD Penyetaraan Jabatan

Wonosobo, BKD - Penyetaraan Jabatan dari jabatan struktural ke fungsional saat ini tengah menjadi perhatian di semua instansi pemerintah, baik pusat, provinsi maupun kab/kkota. Kebijakan ini diberlakukan dalam rangka menciptakan birokrasi yang lebih dinamis dan profesional, sebagai upaya peningkatan efektifitas dan efisiensi dalam rangka mendukung kinerja pelayanan pemerintah kepada publik. Pemerintah Kabupaten Wonosobo telah melaksanakan kebijakan ini sesuai dengan ketentuan yang ada, terdapat 160 jabatan yang disetarakan, namun ada 5 jabatan yang lowong, 3 jabatan pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu akan dihapus karena disesuaikan dengan permendagri nomor 25 tahun 2021, 1 jabatan pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga akan dihapus karena sudah menjadi kewenangan Pem. Provinsi dan 1 jabatan pada Dinas Pangan, Pertanian Dan Perikanan akan dihapus karena tugas dan fungsinya sudah ada pada UPTD Balai Pelaksana Penyuluh Pertanian.

fgdpj

Dalam rangka penyamaan persepsi dan penyampaian informasi terkait Penyetaraan Jabatan, Bupati Wonosobo AFIF NURHIDAYAT dan Wakil Bupati Wonosobo, M. ALBAR, didampingi Sekda Kab. Wonosobo, Drs. ONE ANDANG WARDOYO, M.Si., Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah, Drs. SUPRIYADI, M.M., Kepala BKD Kab. Wonosobo, Drs. TRI ANTORO, M.Si. dan Analis Kepegawaian Ahli Muda Bagian Organisasi Setda, IRMA NURUL FASTIKAH, S.STP. mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Penyetaraan Jabatan, pada hari ini Jumat (07/01/2022) di Pendopo Bupati. Adapun peserta FGD adalah semua Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas yang mengalami penyetaraan jabatan.

FGD berlangsung secara santai namun tetap serius, duduk lesehan suasana akan semakin hangat dengan diskusi yang terbuka, adapun hasil dari FGD tersebut anatar lain :

  1. Terkait dengan Kenaikan Pangkat, sesuai dengan Surat Edaran MENPAN dan RB Nomor: B/653/M.SM.02.03/2021 tanggal 23 Desember 2021 Perihal: Tindak Lanjut Moratorium Jabatan Fungsional dan Penyetaraan Jabatan Administrasi ke Dalam Jabatan Fungsional pada Poin 3.b.4 menyebutkan Kenaikan Pangkat pejabat fungsional hasil penyetaraan yang diangkat sampai dengan 31 Desember 2021 dan akan naik pangkat pada periode April 2022 dan Oktober 2022 dapat dipertimbangkan untuk diberikan kenaikan pangkat reguler pada pangkat puncak dalam jabatan administrasinya atau kenaikan pangkat karena penyesuaian pendidikan.
  2. Pejabat Fungsional akan tetap menjadi Plt. pada jabatan administrasi sebelumnya selama Peraturan Struktur Organisasi yang baru belum ditetapkan.
  3. Pemkab. Wonosobo sudah menganggarkan untuk kegiatan Diklat dalam rangka peningkatan kompetensi sebagai imbas dari Penyetaraan Jabatan.
  4. Pola hubungan kerja akan segera disusun oleh Bagian Organisasi Setda.
  5. BKD Kab. Wonosobo akan memfasilitasi diskusi dengan Kementerian terkait melalui zoom meeting pasca diangkat menjadi Jabatan Fungsional.
Read 173 times
loader