Asesmen Rotasi/Mutasi JPTP Pemkab. Wonosobo

May 27

Asesmen Rotasi/Mutasi JPTP Pemkab. Wonosobo

Wonosobo, BKD - Pemerintah Kabupaten Wonosobo pada Sabtu (28/05/2022) bertempat di Front One Harvest Hotel, Wonosobo, menggelar Asesmen dalam rangka rotasi/mutasi bagi Pejabat Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo. Sesuai amanat Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah dan disusuli dengan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengisian Jabatan Tinggi Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah Dalam Kondisi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) huruf c tahap pelaksanaan yang berbunyi untuk mutasi internal maupun eksternal dapat dilakukan dengan syarat minimal telah menduduki jabatan pimpinan tinggi satu tahun sejak dilantik.

Terdapat 11 (sebelas) JPTP yang masa tugasnya sudah 1 tahun atau lebih, antara lain :

  1. Ir. WIDI PURWANTO, M.T. : Kepala Dinas Lingkungan Hidup;
  2. RETNO EKO SYAFARIATI NUGRAHENI, S.Sos., M.M. : Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan;
  3. Drs. SUPRIYADI, M.M. : Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah;
  4. dr. MOHAMAD RIYATNO, M.Kes. : Kepala Dinas Kesehatan;
  5. NURUDIN ARDIYANTO, ST., MT. : Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang;
  6. Dra. HARTI, MM. : Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa;
  7. DYAH RETNO SULISTYOWATI, S.STP. : Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak;
  8. Ir. DWIYAMA SATYANI BUDYAYU, M.Si. : Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan;
  9. Dr. Drs. MUSOFA, M.Pd. : Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah;
  10. AGUS WIBOWO, S.Sos. : Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan;
  11. ALBERTUS DIDIEK WIBAWANTO, S.Sos., M.M. : Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik;

asesmen

Acara ini dibuka secara langsung oleh Bupati Wonosobo, Afif Nur Hidayat. Bupati menyampaikan bahwa rotasi/mutasi merupakan hal yang wajar dalam suatu birokrasi, sehingga apabila ada yang geser ke Perangat Daerah lain tidak perlu kecewa dan tidak akan mengurangi semangat kerja dalam melayani masyarakat. "Dimanapun Bapak Ibu bekerja, saya harap bisa memaksimalkan potensi dan sumber daya yang ada, semua itu bukan untuk saya, namun untuk kepentingan seluruh masyarakat", tandasnya.

Dalam wawancara dengan Kepala BKD Kab. Wonosobo, Drs. TRI ANTORO, M.Si disampaikan bahwa tujuan diadakan asesmen JPTP ini adalah untuk re-organisasi dalam rangka penyegaran dijajaran pimpinan Perangat Daerah, selain itu hasil asesmen yang dilakukan oleh Pansel untuk mengetahui kecenderungan efektifitas kemampuan personil dalam mengelola suatu Perangkat Daerah, apabila dirasa masih efektif di Perangkat Daerah yang sekarang diduduki, maka dimungkinkan akan tetap dipertahankan, namun apabila dari hasil asesmen cenderung efektif di Perangkat Daerah lain, akan dilakukan pergeseran. Drs. TRI ANTORO, M.Si juga menegaskan bahwa asesmen ini sebagai bahan pertimbangan kepada PPPK, dalam hal ini Bupati Wonosobo untuk memutuskan personil mana yang lebih tepat dalam menduduki suatu jabatan. "Untuk mencari nilai ideal mungkin susah, namun mendekati ke arah yang tepat itu yang diharapkan", pungkasnya.

Read 162 times
loader