Bupati Menegaskan core values ASN BerAKHLAK dalam Pelantikan Pejabat

Jun 11

Bupati Menegaskan core values ASN BerAKHLAK dalam Pelantikan Pejabat

Wonosobo, BKD - Bupati Wonosobo, Afif Nur Hidayat, pada Jum'at (10/06/2022) melantik dan mengambil Sumpah/Janji Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Jabatan Administrasi, Kepala Sekolah Dan Pengangkatan Pertama Dalam Jabatan Fungsional Serta Penyerahan Surat Keputusan Bupati Wonosobo Tentang Kepala Puskesmas.

Bupati, pada sela-sela sambutannya menegaskan pelantikan dan mutasi jabatan di instansi pemerintah adalah bagian dari kehidupan organisasi, dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan serta merupakan bagian dari pola pembinaan karir pegawai, yang tidak dilakukan semata-mata untuk kepentingan pegawai yang bersangkutan, melainkan lebih diutamakan untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas serta pelayanan publik.

pelantikan

Terlebih kepada Jabatan Pimpinan Tinggi yang merupakan jabatan strategis dalam mendukung birokrasi yang progresif, responsif dan partisipatif melalui tugas pelayanan publik, tugas pemerintahan serta tugas pembangunan yang diembannya. Bupati berpesan bahwasannya dalam melaksanakan tugas-tugasnya, diharapkan setiap Pejabat Pimpinan Tinggi dapat menjamin akuntabilitas jabatan, sesuai dengan jenjang jabatannya masing-masing. "Hendaknya jabatan ini mampu menguatkan komitmen Saudara, dalam menciptakan terobosan-terobosan yang dapat mendorong kinerja organisasi, dalam tata kelola pemerintahan, tugas-tugas pembangunan, serta pemberian pelayanan publik yang prima" tegasnya.

Selain itu, Bupati juga meminta kepada Kepala Puskesmas untuk menahkodai perjalanan puskesmas yang dipimpin, mengemban kewajiban ganda yang harus ditunaikan. Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, dinyatakan bahwa jabatan tersebut merupakan jabatan fungsional tenaga kesehatan yang diberikan tugas tambahan. Dengan kata lain, selain melaksanakan tugas pokoknya sebagai pejabat fungsional tenaga kesehatan, Kepala Puskesmas juga dibebankan tugas-tugas manajerial dan administratif dalam mengelola puskesmas yang dipimpin. Kepala Puskesmas merupakan pemimpin tertinggi di puskesmas, yang memiliki kesamaan tugas dan tanggungjawab dengan kepala pada unit kerja lain.
Begitu pula dengan terisinya jabatan Kepala Sekolah, yang juga merupakan pejabat fungsional guru dan diberikan tugas tambahan, selanjutnya dituntut untuk mampu menjadi manager, yang cermat, memahami regulasi, tegas, disiplin, namun harus tetap humanis dan bisa momong staf, peserta didik, komite dan masyarakat. Kepala Sekolah hendaknya mampu bersikap ibarat “kunci inggris” yang fleksibel, tetapi mampu berjalan dalam koridor yang baku. "Saya harap Kepala Sekolah yang dilantik hari ini dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal, profesional, dan disiplin, sehingga kegiatan dalam sekolah dapat terus berjalan lancar, yang diikuti oleh meningkatnya mutu dan kinerja pendidikan dilihat dari indikator yang telah ditetapkan", tegasnya.

Bupati juga mengingatkan kepada sekuruh peserta yang dilantik, untuk memedomani dan mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan, dalam Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Pelanggaran atas disiplin PNS, khususnya mangkir, dapat diberikan hukuman pemberhentian tidak atas permintaan sendiri. "Disamping itu, saya harap seluruh yang hadir di sini untuk dapat terus meningkatkan kompetensi dan kapasitas diri, mewujudkan core values ASN BerAKHLAK yang siap mewujudkan Wonosobo yang berdaya saing, maju dan sejahtera". pungkasnya.

Pelantikan Pejabat dan Penyerahan Surat Keputusan terdiri dari:
A. Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama sejumlah 3 PNS.
B. Pelantikan Pejabat Administrasi sejumlah 19 PNS terdiri dari:

  1. Eselon III.a : Promosi 1 orang
  2. Eselon III.b : Promosi 3 orang, Mutasi 1 orang
  3. Eselon IV.a : Promosi 4 orang, Mutasi 7 orang
  4. Eselon IV.b : Promosi 3 orang

C. Pelantikan Kepala Sekolah sejumlah 31 PNS : Kepala Sekolah SD 17 orang, Kepala Sekolah SMP 14 orang.


D. Pengangkatan pertama jabatan fungsional untuk formasi 2019 sebanyak 53 orang dan formasi 2016 sebanyak 1 orang, dengan rincian sebagai berikut :

  • Dokter gigi : 6 orang
  • Dokter : 8 orang
  • Apoteker : 7 orang
  • Penyuluh kesehatan masyarakat : 5 orang
  • Sanitarian : 8 orang
  • Nutrisionis : 7 orang
  • Pranata laboratorium kesehatan : 12 orang
  • Bidan : 1 orang
Read 84 times
loader